Friday, August 24, 2007

Dimensi Sang Waktu

Tidak semua yang baik adalah benar
Tidak semua yang benar adalah baik
Tidak semua yang bagus adalah berharga
Tidak semua yang berharga adalah bagus
Kenapa harus seperti ini?
Kenapa harus seperti itu?
Hanya waktu yang bisa bicara
Hingga saat dimana sang waktu dipenggal
Hingga saat ia menghembuskan nafas terakhir
Hai keabadian!
Mengapa kau mengalah pada sang waktu?
Mengapa tidak kau saja yang mendekap manja sang manusia?


Waktu seakan tidak akan pernah berubah mengisi ruang dan mengiringi hidup anak manusia. Terkadang waktu memaksa merubah perjalanan kehidupan seorang manusia seperti halnya ranting kering yang hanyut oleh aliran sungai, kadang terbelokkan oleh sebongkah batu atau oleh tiupan angin lembah tanpa bisa memaksakan kehendak kemana ia harus harus pergi. Dimana air sungai tersebut mengalir dari hilir ke hulu, maka begitu juga dengan waktu. Setiap detak detik, menit dan jam pasti berawal dan akan berakhir. Dan dalam proses untuk menuju akhir menemukan keabadian, manusia akan selalu menghadapi rintangan-rintangan yang tak terduga layaknya sebuah ranting kering tadi yang tak mampu keluar dan melompat dari aliran sungai.

Tak ada yang tercipta sempurna tanpa adanya Sang "Yang Tak Terimajinasikan", sempurna yang terbatas dan nisbi. Manusia dengan kesempurnaannya yang terbatas, tidak akan pernah mampu menaklukkan waktu, menghentikan matahari yang angkuh. Ia tidak akan terbebas dari waktu, sebab ia tercipta bersama waktu, dari waktu, menuju waktu. Hanya manusia yang mampu bercumbu dengan sang waktu, yang bisa menaklukkan hidup meraih kemenangan. Sebab apapun yang dijalani pada dasarnya adalah sama, semuanya bukanlah hal mutlak.

Manusia hanya bisa melekat pasrah pada waktu yang menggelinding di jalurnya sendiri-sendiri. Ada yang melekat pada kegagalan-kegagalan, ada pula yang melekat pada kesuksesan-kesuksesan. Bagi mereka yang melekat pada kesuksesan-kesuksesan, telah meraih kebahagian nisbi semisal harta, khawatir dan takut kebahagian itu hilang. Sebagian dari mereka ada yang "terpaksa" bersyukur pada Tuhannya dan baik pada si miskin, tapi sebenarnya satu yang membuat dia seperti itu, takut Tuhannya murka dan mengambil kebahagiaan itu. Sedangkan mereka yang melekat pada kegagalan-kegagalan, pun tak henti-hentinya berlari dan tersiksa mengejar impian. Namun setelah mendapatkan impian tersebut, mereka juga mungkin akan merasa takut impian itu akan menghilang dari hidupnya. Indah tidaknya waktu yang dijalani, tergantung mana yang lebih dipercaya oleh manusia itu sendiri, apakah waktu statis atau waktu dinamis; Waktu yang pertama kaku, tak dapat ditolak dan telah ditetapkan sebelumnya. Waktu yang kedua meliuk-meliuk, dan bisa mengambil keputusan sekehendak hati. Atau mungkin jika ada yang ingin waktu berjalan lambat terus menerus sehingga wajah cantiknya tidak akan punah dan pudar, dia dapat tinggal di daerah pegunungan karena menurut para ilmuwan -mitos kali ya- waktu akan berjalan semakin lambat jika letak berpijak manusianya menjauh dari pusat bumi, sedangkan pegunungan adalah tempat yang tinggi dan tentunya jauh dari pusat bumi. Gimana nggak awet muda kalo tinggal di pegunungan? Lawong ... anda bebas meneruskan kalimat ini! J

Andaikata manusia dapat memilih ruang waktu dan tidak terjebak dengan kepasrahan, maka dimensi waktu dapat terlihat oleh mereka, seperti kelahiran-kelahiran, pernikahan-pernikahan, kematian-kematian. Beberapa orang merasa takut meninggalkan saat-saat yang membahagiakan. Mereka memilih berlambat-lambat, berjingkat melintasi waktu, mencoba mengakrabi kejadian demi kejadian. Sedangkan yang lain tergesa-gesa berpacu menuju masa depan. Manusia dapat memilih waktu seperti empat buah probabilitas seorang lelaki muda yang hendak bertemu seorang wanita pujaan yang cantik jelita. Probabilitas pertama ia tidak jadi menemui perempuan itu, karena takut ketauan "deg-degan"nya kalo ketemu. Kedua, pria itu menemui si wanita tersebut akan tetapi tidak bisa mengutarakan cintanya, hanya bisa mengatakan "emmm ... anu ... eee ... ". Ketiga ia menemui perempuan itu dan "bercinta" dengannya lalu pergi begitu saja meninggalkan rumahnya. Dan yang terakhir mereka saling mencintai dan hidup bersama. Disamping itu masih terdapat rentetan kemungkinan lain yang dapat terjadi.

Jika benar waktu seperti itu maka tidak ada lagi benar atau salah. Dengan adanya "salah atau benar", mengisyaratkan adanya kebebasan dalam memilih. Dan kalau tiap tindakan telah dipilihkan, maka kebebasan untuk memilih tak mungkin lagi ada. Di dunia dimana masa depan telah pasti, tak seorang pun terbebani tanggung jawab. Ruang-ruang telah diatur sebelumnya. Maka "congratulation!" bagi orang yang merasakan kebebasan, bisa melakukan apa pun yang ia sukai, bebas didalam dunia tanpa kebebasan.

Misteri waktu yang tidak pernah terbantahkan oleh setiap manusia membuat kita seringkali terkukung sesuatu yang absurd oleh nasib dan sesuatu yang banyak orang menyebutnya ketetapan Tuhan, namun seberapa seringkah manusia bertanya maksud Tuhan dari penciptaan waktu tersebut. Cobalah dekati Tuhan untuk bertanya soal waktu. Seorang Einsten pun sebelum menyelesaikan teori relativitasnya sempat berkata pada Besso sahabat karibnya, "Aku ingin mengerti waktu karena aku ingin mendekati Tuhan.". Betapa hebatnya waktu sampai-sampai Tuhan pun bersumpah demi diri sang waktu. Dan ketetapan disini, tidak bisa kita artikan sebagai keotoriteran Tuhan, bukan ketetapan mutlak layaknya skenario yang dibuat oleh sutradara film, itupun bisa jadi tidak sesuai dengan keinginan sang sutradara. Sebab hanya Tuhan, yang mutlak dan dengan pengetahuan mutlakNya, Ia bisa mengetahui segala apa yang belum terjadi dan akan terjadi. Dan hanya Tuhan yang bisa mengetahui apa yang terbaik. []


Bawwâbah, 16 Agustus 2007


No comments: